W7mQLprqVQCi3tVCpPNyPSxFeYFCp5Up0iG8r9Ay

Biaya Kesehatan Mengalami Inflasi, Perlukah Asuransi?

Berdasarkan data yang dikeluarkan  Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, diketahui bahwa tingkat inflasi biaya kesehatan di Indonesia sebesar 2,79%, menunjukkan bahwa inflasi lebih tinggi dibandingkan biaya lainnya. Namun jika menganalisis data tahun-tahun sebelumnya, terlihat bahwa  inflasi pada tahun 2020  lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Misalnya inflasi tahun 2019 sebesar 3,46%, hampir separuh inflasi  tahun 2020. Dengan demikian, pandemi ini sendiri tidak memberikan dampak inflasi yang besar terhadap biaya layanan kesehatan. Tanpa  pandemi,  inflasi layanan kesehatan akan meningkat, sehingga  kita harus bersiap untuk tidak  merogoh kocek terlalu dalam untuk membiayai kebutuhan  hidup sehat di masa depan. 

Dengan meningkatnya biaya layanan kesehatan,  penting bagi masyarakat untuk bersiap menghadapi risiko kesehatan yang ada karena menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Padahal, kesehatan kini sudah menjadi kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan, dan papan. 

Oleh karena itu, perlu diperkenalkan kepada masyarakat suatu produk keuangan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang semakin meningkat ketika kita menghadapi bencana yang berhubungan dengan kesehatan, yaitu asuransi. Ada banyak jenis asuransi yang tersedia bagi masyarakat, mulai dari asuransi mobil terbaik, asuransi jiwa terbaik, hingga asuransi kesehatan terbaik. 

Namun,  kita memerlukan asuransi kesehatan untuk menghadapi risiko kerugian finansial akibat kesehatan. 

 


Seperti  disebutkan sebelumnya,  penting bagi kita untuk  melindungi diri dan bersiap menghadapi risiko kerugian finansial yang serius agar dapat mempertahankan hidup yang lebih sehat. Saat ini perlindungan tersebut dapat diberikan melalui produk keuangan yang dikenal dengan asuransi, khususnya asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan sendiri merupakan jenis asuransi yang dapat menanggung sebagian dan/atau seluruh biaya rumah sakit, mulai dari pemeriksaan kesehatan, rawat jalan/rumah sakit, pembedahan bahkan pengobatan, dimana tertanggung sebagian besar membayar preminya kepada perusahaan  asuransi. . setiap bulan Manfaat yang ditawarkan produk asuransi  berbeda-beda, begitu pula dengan preminya. 

Misalnya saat ini ada asuransi kesehatan yang menanggung biaya pengobatan ketika kita terjangkit Covid-19, namun ada juga perusahaan asuransi yang membedakan asuransi kesehatan umum dengan asuransi Covid-19 berdasarkan perbedaan manfaat  yang ditawarkan. 

Pentingnya asuransi kesehatan semakin meningkat saat ini dan juga di masa depan, sehingga kita perlu mempersiapkan asuransi kesehatan khusus untuk melindungi keluarga tercinta dari asuransi kesehatan. Saat memilih asuransi kesehatan untuk keluarga Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal: 

 Perlindungan terhadap berbagai  penyakit 

 Anda perlu mengetahui penyakit apa saja yang bisa ditanggung oleh produk asuransi yang Anda pilih. Hal ini untuk menghindari terjadinya kasus dimana produk asuransi  tidak dapat diminta karena penyakit salah satu anggota keluarga merupakan penyakit yang tidak tercakup dalam daftar penyakit. 

 Tunjangan rumah sakit dan rumah sakit 

 Asuransi kesehatan menawarkan manfaat rawat inap (jika Anda memilih perawatan rawat inap, namun biasanya polis rawat inap digunakan untuk keluarga) untuk membantu keluarga menutupi tagihan yang besar. Manfaat rawat inap  sendiri harus diperhatikan lebih detail, baik itu termasuk  biaya kamar,  dokter, biaya rumah sakit, laboratorium, dan lain-lain. Selain  manfaat perawatan di rumah sakit, penting untuk mengetahui rumah sakit rujukan  agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga.  

 Pilihan premi dan polis  

 Penting bagi Anda (terutama kepala keluarga) untuk mengetahui produk asuransi mana yang memerlukan  premi asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga. Jangan biarkan pembelian produk asuransi mengalihkan perhatian Anda dari pencapaian tujuan keuangan lainnya di masa depan. Selain itu, Anda juga harus memeriksa apakah asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Proses pengembalian dana 

 Terakhir, Anda juga harus memperhatikan  proses reimbursement produk asuransi yang Anda pilih, apakah lama dan berbelit-belit atau tidak. Dokumen atau informasi apa saja yang diperlukan dalam proses pemulihan. Sesuaikan dengan kemampuanmu ya! 

 Oleh karena itu, hal-hal ini harus diperhatikan ketika memilih asuransi kesehatan  keluarga. Apa yang kamu tunggu? Pilih produk asuransi kesehatan Anda sekarang!

Post a Comment