W7mQLprqVQCi3tVCpPNyPSxFeYFCp5Up0iG8r9Ay

9 Cara Mengatasi Anak Bertengkar

Rasanya memang bikin stress ketika melihat anak-anak bertengkar. Satu menit mereka tampak baikan satu sama lain, nggak lama kemudian mereka berantem lagi karena alasan yang remeh. Pertengkaran antara kakak dan adik sebenarnya tak selalu buruk. 

Berdasarkan  penelitian, perkelahian sesama saudara yang ditangani dengan baik oleh orangtuanya akan membuat anak tersebut memiliki kemampuan sosial, kognitif, dan interpersonal yang lebih baik. 

Mulai dari cara bernegosiasi untuk menyelesaikan masalah, memahami sudut pandang orang lain, sampai menghargai hak serta perasaan orang. Namun orangtua juga tetap perlu mengarahkan dan memberikan batasan yang jelas. Bagaimana caranya? Untuk itu kita bahas dulu beberapa penyebab perkelahian.

Apa saja penyebab anak berkelahi?

sumber pixabay.com

Ada banyak hal yang dapat memicu anak untuk berkelahi. Berikut beberapa contohnya:

Perlakuan tidak adil atau berebut sesuatu

Perkelahian seringkali dimulai ketika anak mulai merasa diperlakukan tidak adil atau memperebutkan hak milik terhadap sesuatu, contohnya mainan dan sebagainya.

Perbedaan sudut pandang

Bisa juga terjadi karena sudut pandang yang berbeda. Misalnya, kakak senang menjahili adiknya untuk melihat ekpresi lucu adik, tapi adik tidak suka cara bercanda kakaknya. Semakin dekat jarak usia anak, maka akan semakin sering pula mereka bertengkar.

Masalah temperamen

Masalah temperamen dapat juga memicu perkelahian antarsaudara kandung. Beberapa anak yang lebih gampang marah dibanding anak yang lain memang ada. Contohnya, saat anak melihat saudaranya lebih dimanja, ini bisa membuatnya cemburu, tersinggung, dan merasa emosi.

Faktor lingkungan

Anak-anak belajar dengan cara meniru apa yang mereka lihat. Ini alas an mengapa faktor lingkungan tak dapat diabaikan sebagai salah satu penyebab anak suka berkelahi. Faktor lingkungan dapat berupa menyaksikan orangtua atau orang lain yang sedang bertengkar, banyak menonton kekerasan di tv atau game, atau karena anak merasa selalu mendapatkan keinginannya melalui pertengkaran.

9 cara tepat untuk mengatasi anak bertengkar

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk melerai anak yang sering berkelahi

Bantu anak untuk menyelesaikan masalah

Walau masih anak-anak, bukan berarti mereka tak adapat mengetahui mana yang benar dan salah. Anak-anak sebenarnya tahu bahwa bertengkar itu perbuatan yang tidak baik. Kita bisa menjelasakan pada anak bahwa ada langkah penyelesaian masalah selain beradu mulut, menangis, atau memukul. Cobalah ajak anak untuk berdiskusi mengenai jalan keluar yang terbaik. Lalu amati mereka bagaimana menerapkan solusi tersebut.

Berikan pujian dan motivasi

Pujian dapat menjadi cara yang tepat untuk membangun perilaku positif pada anak. Saat anak berkelahi, coba untuk tak mengindahkan seolah kita tidak mengetahui apa yang sedang terjadi. Kemudian saat anak mulai bersikap baik dan manis, berikan perhatian atau pujian pada anak. Dengan cara ini, anak akan tahu bahwa perilaku yang baik lebih disukai oleh orangtuanya.

Jadi teladan untuk anak

Anak-anak adalah seorang peniru ulung. Mereka cenderung mencontoh perilaku dan kebiasaan orang-orang dewasa yang berada di sekitarnya. Apabila anak sering melihat orangtuanya bertengkar, maka ia pun akan mengimitasi perilaku ini juga. Karena itu, sebisa mungkin kita harus bisa memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai marah atau membentak pasangan di depan anak. Tetaplah tenang saat kita menghadapi tekanan dan harus mengendalikan diri karena ini dapat menjadi acuan untuk mereka.

Jangan memarahi anak

Memarahi anak yang sedang berselisih hanya akan mencegah mereka dari rasa kapok. Kalau kita ikut berteriak atau mengeluarkan kata-kata yang keras, justru akan membuat anak jadi semakin emosi dan tidak berusaha untuk mengubah perilakunya.

Jangan berikan perhatian saat anak berkelahi

Seringkali anak emang sengaja berkelahi agar menjadi pusat perhatian. Mungkin menurut anak, lebih baik dimarahi karena serin bertengkar daripada tidak mendapat perhatian sama sekali. Jika menurut kita alasan tersebut menjadi dalang di balik anak yang adu mulut dengan saudaranya, cobalah untuk tak terlibat atau tidak reaktif. Semakin kita membiarkan anak, mereka akan semakin jadi tidak berminat lagi untuk melakukannya. Tapi jika masing-masing anak mulai melakukan kekerasan fisik, saatnya bagi kita untuk masuk dan memberikan batasan.

Buat ‘ruang khusus bertengkar’

Kita bisa membuat ‘ruang khusus bertengkar’ di rumah. Saat kakak dan adik mulai bertengkar, alihkan mereka ke ruangan yang kita buat ini, dan mereka baru boleh keluar apabila masalah sudah terselesaikan dengan baik.

Berikan kesibukan pada anak dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan

Anak bertengkar biasanya saat mereka merasa bosan atau tak melakukan apa-apa yang menarik perhatiannya. Apabila diberikan kegiatan yang menyenangkan dan stimulatif, anak pun jadi tidak punya waktu untuk bertengkar. Membaca, menggambar, menyusun lego, atau bermain game edukatif termasuk dalam beberapa pilihan aktivitas yang seru untuk anak lakukan supaya tidak bertengkar lagi.

Perlakukan anak dengan adil

Meskipun kakak atau adik yang pertama kali memulai pertengkaran, hindari untuk memiha. Hal ini malah akan membuat mereka semakin sengit beradu mulut. Pada dasarnya, tak ada orang yang ingin disalahkan dengan cara menghakimi, termasuk anak. Anak-anak selalu ingin diperhatikan dan dicintai secara setara, terlepas dari bagaimana perilaku mereka.

Hentikan pertengkaran sebelum itu terjadi

Amati dan kenali hal apa yang menjadi pemicu perkelahian anak-anak. Sebagai contoh, jika masalahnya berebut remote televisi, kita bisa mengantisipasinya dengan membuat aturan bergantian. Sementara kalau kakak dan adik sering bertengkar saat jam makan, lakukan strategi yang jitu sebelum mereka cekcok. 

Anak bertengkar itu termasuk hal yang wajar dalam sebuah kehidupan keluarga. Namun frekuensi pertengkaran yang sering antara kakak dan adik berisiko mengganggu psikis mereka maupun anggota keluarga lain. Terlebih apabila anak sudah terancam atau mengalami bahaya fisik yang serius. Jika pertengkaran sudah menghalangi aktivitas maupun kondisi rumah tangga, kita disarankan untuk mencari pertolongan profesional atau psikolog untuk mengatasinya.

20 comments

  1. Kadang di rumah, saya membiarkan saja anak bertengkar. Biar mereka belajar bagaimana mengatasi konflik .
    Asalkan belum ke ranah fisik masih oke lah untuk dipantau dari dapur..wkwk

    ReplyDelete
  2. orang tua tetap menjadi teladan. maka kalau orang tua sedang bertengkar sebaiknya tidak di depan anak-anak atau didengar anak2. karena anak akan merekam dan menirunya

    ReplyDelete
  3. Anakku dua tahun dan enam tahun selalu saja ada yang direbutin. Hihihi. Kalau gak kakaknya yang nangis adiknya gantian. Gemes pengen kucubit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw kak, kalau anak-anak bertengkar sudah itu damai sendiri ya. Kalau dengan anak tetangga kenapa dengan emaknya jadi pada musuhan.

      Delete
    2. Hihihi. Itu terkadang emaknya yang belum dewasa. Harusnya mendamaikan anak kok malah ikutan berkelahi. Anaknya udah main-main kembali, orangtuanya masih baperan. Banyak yang begini kak

      Delete
  4. Nah setuju nih jadi teladan untuk anak penting y kak karena ortu kan role model anak ya

    ReplyDelete
  5. Kalau lihat anak bertengkar rasanya gemes sendiri ya. Kadang aku suka lihat anak2 temanku bertengkar pada aku lg main ke rumah teman..ingin melerai tapi mereka bukan anakku, hehehe

    ReplyDelete
  6. kadang kita sebagai orang tua yang main ikut campur sih pas anak bertengkar, kalau anak msh piyik2 memang lebih baik mencegah pertengkaran itu yaa

    ReplyDelete
  7. kalau ponakan biasanya pelit sama mainannya kalau dipijem temennya, hihi. jadi ya buat aturan untuk gantian dan kasih pengertian biar anak juga mau berbagi. makasih mba tipsnya.

    ReplyDelete
  8. Ruang khusus bertengkar ini baru aku dengar. Jadi, sebenernya kaya ruang diskusi juga ya. Biar masalah selesai juga ya.

    ReplyDelete
  9. Sepakat .. beberapa anak bertengkar karena tidak melakukan kesibukan yang menyenangkan.. berikan kesibukan dan semua selesai... win win solution

    ReplyDelete
  10. Pada saat bertengkar terkadang kita membela yang paling kecil ya kak, padahal ya belum tentu yang besar yang salah hehehe

    ReplyDelete
  11. nah kalau saya kerumah kk ni biasa melihat anaknya bertengkar sya biarkan saja

    ReplyDelete
  12. Apalagi kalau bertengkar sama anak tetangga, trus refleks kita seringnya membela anak kita sendiri wkwkwkwk. Padahal harusnya dicari tahu sebab pertengkaran dl sih

    ReplyDelete
  13. Ide buat ruang khusus untuk bertengkar, keren juga ini untuk diterapkan. Menarik jadi anak pun bakalan enggan bertengkar

    ReplyDelete
  14. hahaha kok ada ide buat ruang khusus bertengkar ya , apa ga menjadi- jadi atau malah diem-dieman di ruangan , ga jadi deh bertengkarnya.

    ReplyDelete
  15. anga mMendampingi pertumbuhan anak beneran butuh perjuangan dan kesabaran yang besar ya. Semoga kelak mereka menjadi manusia yang bisa membuat bangga

    ReplyDelete
  16. Hahah, jadi ingat dulu, sewaktu masih kecil sering bertengkar sama adikku, tapi ya cuma sebentar, habis itu baikan lagi. Tapi setelah menikah dan punya rumahtangga masing2 jadi kangen kumpul kayak dulu

    ReplyDelete
  17. jadi deg-degan membersamai anak keduaku..yang masih bayi nanti bagaiaman kalau bertengkar sm kakaknya. kalau skrg msh dalam tahap tidak berdaya kelakuan kakaknya hehe

    ReplyDelete
  18. Menghentikan pertengkaran sblm terjadi setuju banget kak..kalau sdh bertengkar jadi repot ya menghentikannya

    ReplyDelete