Berbagai Manfaat Makan Mentimun

Mentimun mengandung sekitar 95 % air yakni, air yang memiliki kandungan alkali, Mentimun juga memiliki kandungan lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol, yang tinggi. Ketiga jenis lignan ini dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Yaitu, penyakit yang menyebabkan gangguan pada jantung serta pembuluh darah. Selain itu juga dapat membantu menangkal beberapa jenis kanker.

Menurut ahli gizi Ibu Ratih Wirapuspita Wisnuwardani,  “Makanan alkali adalah makanan yang mengandung pH basa yang berguna untuk menetralkan kadar keasaman serta mengurangi gejala inflamasi pada tubuh. Selain memiliki kadar basa tinggi, mentimun juga rendah kalori, kaya akan vitamin A, C, dan lycopene (yang juga berguna untuk meningkatkan sistem imun).’’

sumber: pixabay.com



Mentimun biasanya kerap dijadikan sebagai lalapan atau jus bagi mayoritas orang Indonesia. Tak hanya berguna untuk menyegarkan tubuh, namun kebanyakan orang Indonesia menganggap bahwa mentimun adalah salah satu sayuran yang dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Pernahkah terpikir sebenarnya, apa saja sih manfaat dari kebiasaan mengonsumsi mentimun secara rutin?

Berbagai manfaat mengonsumsi mentimun

Kebanyakan orang berpikir mentimun hanya memberikan pengaruh untuk tekanan darah saja. Padahal, faktaya ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang bisa kita didapatkan apabila kita makan mentimun secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kira dapatkan jika kita rutin mengonsumsi mentimun, dikutip covesia.com dari laman doktersehat.


Baca juga postingan saya tentang SEVA Pusat Mobil Murah di blog saya yang lain.

Mengendalikan tekanan darah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, mentimun emang dikenal luas sebagai sayuran yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini berarti, mereka yang memiliki masalah hipertensi, mengonsumsi mentimun secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Memang sih, makan mentimun saja tidak cukup, penderita hipertensi juga harus mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Namun dengan rutin mengkonsumsi mentimun maka juga mampu menurunkan risiko menemui berbagai macam komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke yang berpotensi mematikan.

Membantu mengatasi asam urat

Sebetulnya, penyakit asam urat tak bisa diobati, namun penyakit ini dapat dikendalikan asalkan penderitanya memiliki keinginan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan cara rutin mengonsumsi jus mentimun.

Pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa kandungan alkali di dalam mentimun dapat membantu mengatasi penumpukan kristal asam urat di persendian. 

Hal ini menandakan bahwa, risiko terkena gejala asam urat layaknya rasa nyeri, pembengkakan, sampai sensasi kaku pada persendian dapat diturunkan secara signifikan.

Mengatasi sensasi nyeri

Tidak hanya menurunkan risiko munculnya gejala asam urat, mentimun ternyata juga dapat membantu mengatasi nyeri pada penderita yang mengalami radang sendi atau encok. 

Hal ini disebabkan adanya kandungan silika yang terdapat dalam mentimun yang dapat membuat jaringan persendian menjadi lebih kuat.

Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan kalsium, asam folat, magnesium, serta potasium yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

Baik bagi program diet

Mentimun termasuk dalam makanan yang rendah kalori. Apabila kita sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya menjadikan sayuran ini menjadi camilan ketika kita merasa lapar di sela-sela waktu makan. 

Hal ini akan membuat kita mampu menjaga asupan kalori dengan lebih baik sehingga berat badan kita pun akan lebih mudah turun.

Membantu menurunkan kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah, dengan rutin mengkonsumsi mentimun ternyata juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. 

Hal ini disebabkan adanya senyawa sterol yang dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Bisa membantu mencegah kanker

Bila ingin mencegah kanker, kita memang harus menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari berbagai macam hal yang mempunyai kandungan karsinogen. Selain itu kita juga bisa mengonsumsi mentimun untuk mencegah salah satu penyakit paling mematikan ini.

Karena mentimun memiliki kandungan pinoresinol dan seciosolariciresinol yang mampu membantu mencegah beberapa jenis kanker layaknya kanker payudara, kanker rahim, atau kanker prostat.

Baik bagi kesehatan kulit dan rambut

Kandungan di dalam mentimun ternyata juga dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan membuat rambut menjadi lebih sehat. Rutin mengonsumsi mentimun tentu akan membuat penampilan tubuh menjadi semakin membaik.

Mengendalikan kadar gula darah

Mentimun termasuk dalam makanan yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes, sebab mentimun memiliki kandungan yang bisa membantu meningkatkan kinerja pankreas dalam memproduksi insulin. Hal ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif.

Melancarkan Pencernaan 

Makan mentimun juga dapat membantu mendukung buang air besar secara teratur. Dehidrasi merupakan faktor risiko utama untuk konstipasi, karena bisa mengubah keseimbangan air pada tubuh kita yang akan mempersulit buang air besar. 

Mentimun kaya akan air yang berguna untuk meningkatkan hidrasi. Dengan tetap terhidrasi dapat membuat tubuh kita meningkatkan konsistensi feses. Apalagi mentimun juga mengandung serat, yang dapat membantu mengatur pergerakan usus. 

Secara khusus, pektin, jenis serat larut yang ditemukan dalam mentimun, mampu membantu meningkatkan frekuensi buang air besar. Satu studi mempunyai 80 peserta suplemen dengan pektin. Ditemukan bahwa pektin dapat mempercepat pergerakan otot-otot usus, sambil memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Demikian beberapa manfaat mengkonsumsi mentimun yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat. Baca juga cara mengatasi hipertensi di usia muda.



Post a Comment

16 Comments

  1. Alhamdulillah sekeluarga di rumah seneng sama timun. Kadang digado, kadang dijadiin lalapan dan belakangan dijadiin sayur bening gara-gara nonton Inul bikin sayur timun bening.

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget timun di serut lalu dimasukkan dalam air rebusan sereh+jahe kak Hadi. Tak lupa diberi perasan jeruk nipis. Waduhh mantap bener.

    ReplyDelete
  3. ternyata manfaat mentimun banyak ya. sering makan mentimun itu ketika beli nasi pecel lele, biasanya pasti ada lalapan mentimunnya. kalo gak gitu pas beli nasi goreng biasanya ada irisannya mentimun. ternyata gak sekedar pelengkap tapi memberi manfaat yg banyak

    ReplyDelete
  4. Wah. Baru tahu saya kalo mentimun ada begitu banyak manfaatnya. Terutama buat kolestrol dan asam urat. Tha k Mas Hadi infonya.

    ReplyDelete
  5. jadi inget kalau makan pempek paling enak pake timun nih..ternyata timun banyak manfaatnya hehe

    ReplyDelete
  6. metimun juga bisa jadi masker kak untyk melembabkan kulit muka kandungan airnya bisa melembabkan wajah

    ReplyDelete
  7. Gak tau kenapa ya, dari dulu gak suka timun, di mulut tuh rasanya terlalu hambar. Jadi kalo ada lalapan timun, pasti gk aku makan

    ReplyDelete
  8. Harus lebih sering konsumsi mentimun nich...secara lumayan banyak manfaatnya.. biasanya makan mentimun pas makan pecel lele atau menu padang...lepas itu jarang banget

    ReplyDelete
  9. suami saya lagi konsumsi timun dan belimbing setiap hari nih, karna tensinya selalu tinggi. serem juga, heu. emang bagus banget timun tuh. apalagi kalo dibuat acar atau pelengkap empak-empek, duh krenyes sedap banget. jadi laper haha.

    ReplyDelete
  10. Timun nih hadir setiap saat di rumah, kadang di blender ampasnya dibuat masker adem di luar dalam deh apalagi pas cuaca panas beginiq

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak juga ya manfaat ketimun bagi tubuh.. menu lalapan ini banyak disukai anak-anak dan dewasa. Kalau aku suka banget dijadikan minuman segar, apakah manfaatnya tetap ada?

    ReplyDelete
  12. Banyak ya manfaatnya makan mentimun, saya pun suka. Tapi gak bisa lebih dari setengah, krn.kl.lebih bisa kliyengan, soalnya saya punya riwayat darah rendah

    ReplyDelete
  13. biasanya ada ketimun rebus,pas lagi ramadhan katanya bisa buat nahan haus kalau makan timun rebus, kalau makan timun sih pas beli nasi pecel ayam , pasti ada ketimun, eh ternyata manfaatnya banyak ya. Auto beli ketimun terus nie buat direbus.

    ReplyDelete
  14. Saya itu seneng banget sebenernya makan timun, cumaaa suka lupa pas mau beli..hehehhe. padahal.kondisi badan saya udh waktunya makan timus utk jaga kesehatan

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya sudah lama suka makan Timun cuman baru tau manfaatnya, thaks kk infonya

    ReplyDelete
  16. Sewaktu hamil, timun ditambah cabe diiris, bawang merah dan asam jawa kemudian ditutup. duh, hampir setiap hari buat ini. Selain bisa ngurangi rasa mual juga buat seger aja.

    ReplyDelete