Bisnis Online Tanpa Modal dan 5 Tips Memulainya

Saat ini sudah semakin banyak orang-orang yang menggeluti bisnis online tanpa modal. Penyebabnya tidak lain karena modal yang dibutuhkan untuk memulainya tergolong kecil, sementara peluang untuk meraih kesuksesan sangat besar. Apalagi, menjalankannya cukup dari rumah tanpa harus repot keluar ke tempat tertentu.

Meskipun peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online tanpa modal sangat besar, bukan berarti kita bisa menjalankannya asal-asalan. Butuh profesionalisme dan kesabaran, karena membangunnya membutuhkan waktu untuk meraih kesuksesan.

Bagi yang berkeinginan untuk memulai bisnis online tanpa modal, di bawah ini akan saya sebutkan tips memulai bisnis online tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai panduan agar langkah demi langkah yang kita lakukan lebih terarah.

5 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal yang Perlu Diketahui




1. Persiapkan Modal

Siapa bilang bisnis online tanpa modal tidak membutuhkan modal? Minimal kita membutuhkan modal laptop atau smartphone serta koneksi internet bukan?

Jadi ungkapan yang benar adalah bisnis online tanpa modal membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan dengan modal saat ingin memulai bisnis offline.

Sekedar masukan, selain modal PC/laptop atau smartphone serta koneksi internet setiap bulan, setidaknya kita memiliki modal lebih untuk membeli domain dan hosting. Tujuannya agar kita bisa membuat website sendiri.

Dengan memiliki sebuah website, kita ibaratnya memiliki toko sendiri yang bebas untuk diatur sekehendak kita. Sebab, apapun jenis bisnis yang kita pilih, tentu membutuhkan website untuk memasarkannya.

Tapi memang bener sih, tidak semua orang yang punya bisnis bisa untuk membuat halaman website, tapi tenang saja. Kita bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk membuat website khusus bisnis kita. Banyak banget penyedia jasa semacam ini yang bisa kita gunakan.

2. Miliki Mindset yang Benar Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menjalani bisnis online tanpa modal,  pastikan kita harus memiliki mindset atau pola pikir yang benar terlebih dahulu. Tentu kita harus memiliki target atau tujuan tertentu yang ingin diraih dengan bisnis online tanpa modal bukan?

Nah, pastikan fokus kita tetap terarah untuk mendapatkan target yang sudah kita tetapkan. Tapi ingat, jangan pernah berfikir bahwa segalanya mudah dan prosesnya instan. Sama sekali tidak, semua butuh proses dan kesabaran. Kita butuh untuk melakukannya langkah demi langkah hingga mencapai tahap kesuksesan.

Kita lihat saja kondisi sekarang ini, banyak orang yang melihat kesuksesan orang itu hanya enaknya saja “wah enak ya kamu dah sukses”, tanpa memikirkan bagaimana proses sebelumnya. Kita tidak boleh ikut-ikutan memiliki pemikiran seperti ini.

Justru yang harus kita pikirkan itu sebaliknya, wah dia sudah sukses, pasti ada perjuangan besar yang dilakukan sebelumnya. Sekarang saya harus berjuang lebih keras lagi untuk dapat seperti dia.

3. Tentukan Jenis Bisnis online tanpa modal yang Ingin Digeluti

Sebelum memulai bisnis online tanpa modal, sebaiknya kita menentukan jenis bisnis online tanpa modal yang ingin kita geluti. Banyak jenis bisnis online tanpa modal yang terbukti menghasilkan.

Sekedar contoh, kita bisa menekuni jual beli secara online baik berupa barang maupun jasa,   menjadi affiliate marketing, menjadi publisher, dan lain sebagainya.

Tujuan yang ingin didapatkan dari menentukan terlebih dahulu jenis bisnis online tanpa modal yang ingin kita geluti tidak lain agar nantinya kita bisa fokus ke sana.



Image by Darwin Laganzon from Pixabay

4. Manfaatkan Sosial Media.

Bisnis online tanpa modal akan semakin mudah anda jalankan bila mana anda memanfaatkan sosial media dengan tepat. Ada fitur yang namanya “filter” baik itu filter minat pengguna, gender, dan lokasi.

Dimana sangat pas banget untuk menargetkan pasar bisnis kita.

Anggap saja Facebook, ada fitur marketplace, anda bisa memanfaatkan marketplace facebook untuk menjual produk anda dengan mudah dan gratis. Tinggal atur lokasi iklan, nanti orang-orang yang minat dengan produk itu didaerah tersebut akan berdatangan.

5. Jaga Fokus

Perlu kita ketahui bahwa penyebab kegagalan terbesar yang seringkali dialami oleh para blogger terkait dengan bisnis online tanpa modal yang digelutinya adalah tidak mampu menjaga fokusnya. Dengan menjaga fokus, kita bisa membangun bisnis online tanpa modal yang kita geluti secara bertahap hingga meraih kesuksesan.

Ibarat menaiki anak tangga, kita butuh untuk melangkah sedikit demi sedikit sebelum sampai di anak tangga paling akhir.

Bisnis online tanpa modal ibarat rimba belantara. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan bebas terkait bisnis online tanpa modal, yang akhirnya justru menyesatkan dan membuyarkan fokus kita. Sebagai contoh, terkadang seorang blogger sudah menentukan untuk mulai berjualan secara online melalui toko online, social media, atau market place.

Sayangnya, masih dalam proses awal pengembangan, tiba-tiba dia mendapatkan postingan di sebuah website atau social media tentang keberhasilan seseorang meraih puluhan juta, bahkan ratusan juga dengan menjadi publisher Google Adsense, dan dia siap untuk membagikannya secara gratis atau dijual dengan harga murah.

Karena tertarik dengan informasi tersebut, akhirnya dia memutuskan untuk beralih menjadi publisher Adsense dari nol dan meninggalkan berjualan online yang prosesnya sudah mulai berjalan beberapa waktu, bahkan terkadang sudah di pertengahan jalan. 

Hal ini tentu saja keliru, karena yang penting adalah fokus dalam mengembangkan bisnis online tanpa modal yang digeluti sampai meraih kesuksesan.

Semudah itu.

Demikianlah informasi seputar tips memulai bisnis online tanpa modal pada artikel kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan gambaran besar tentang bagaimana tips memulai bisnis online tanpa modal khususnya bagi seorang pemula.

Post a Comment

17 Comments

  1. Saya aja jualan sembako secara online kak. Memang kalau sembako itu mendingan offline tapi kondisi saya ga memungkinkan

    ReplyDelete
  2. Bisnis Pulsa & Paket Internet baik secara offline maupun Online yang saya jalankan sampai sekarang, selama di rumah aja

    ReplyDelete
  3. Saya jualan baju online, dan rame banget. Harga saya turunkan memang dari harga pasaran. biasa margin 100%-150% saya cuma ambil 20%-50%, tapi nggak papa disituasi begini bisa clossing orderan saja sudah bahagia banget

    ReplyDelete
  4. Bisnis makanan memang lagi banyak muncul ya, kak. Terutama makanan camilan dan kaya katering harian gitu. Soalnya, banyak yang enggan buat belanja sayur mayur jadi seringnya beli makanan jadi tapi yang pengantarannya aman dan sesuai protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Bisa tanpa modal kak, kalo laptop atau smartphone juga pinjam orang lain... Modalnya hanya kepercayaan

    ReplyDelete
  6. Meskipun laptop, koneksi internet hingga handphone barang pinjaman tetap saja ya kan kak kita butuh modal. Yakni modal kepercayaan. Ini gak boleh rusak, sekali rusak bisa hancur nama baik.

    ReplyDelete
  7. Aku mau nie melakukan bisnis,niatnya ada belum dieksekusi cuman, sepertinya model dropshipper juga ga butuh modal ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal tekad yang kuat aja nih kayaknya ya kak Inna.. langsung jalan deh dropship nya.

      Delete
  8. Penting banget nih tipsnya buat saya pelajari, apalagi kl bisnisnya bisa dilakukan tanpa modal. Yg penting yakin bisa membangun bisnis dgn niat baik, insyaa Allah hasilnya akan baik juga

    ReplyDelete
  9. saya tuh selalu susah usaha via online kecuali jual jasa haha. kalo jual jasa masih sering sih yang nyangkut, tapi kalau jual produk susah banget, hihi. makasih ya mba tipsnya. nanti dicoba deh pelan-pelan kali berhasil kali ini.

    ReplyDelete
  10. wah bener banget ini tipsnya, jaman sekarang kita bisnis online dari rumah bisa. apapun asal ada kemauan pasti ada jaalaan ya

    ReplyDelete
  11. Jaga fokus ini terbilang susah2 gampang..secara demi melihat kesuksesan orang lain... jadi ingin mengikuti jejaknya secara instan

    ReplyDelete
  12. Memang semuanya akan sukses dan lancar kalau diniatkan dulu ya kak, Saya bisnis cemilan online. tanpa modal, sistemnya orang yang buat, kita promokan dan kita ambil selisih harganya. lumayan jadi ada pemasukan dan tambah teman.

    ReplyDelete
  13. Entah kenapa aku belum minat bisnis online, suka mudah putus asa kalau hasil jualan gk sesuai ekspektasi wkwkwkwk

    ReplyDelete
  14. ilmunya bermanfaat banget ini bagi yang akan memulai usaha online Kak. Biar ada pandangan apa saja yang perlu dipersiapkan.

    ReplyDelete
  15. Wah coba ah bisnis online tanpa modal apalagi covid gini... Mesti banyak belajar ini dan menarik banget ya asalkan tetap fokus pada goal

    ReplyDelete
  16. nah bener banget nih fokus, dulu setelah resign dari kantor, banyak usaha yang dilakukan, ngiranya gampang. padahal itu semua gak mudah haha. karena itu tadi gak fokus ke satu usaha hehe. makasih sharingnya.

    ReplyDelete