Tips Memulai Bisnis Online 2021

Selamat datang di Cienporcien Digital - Blog Pendidikan. Saat ini sudah semakin banyak orang-orang yang menggeluti bisnis online. Makanya tidak heran apabila banyak pencarian mengenai tips memulai bisnis online.


Penyebabnya tidak lain karena modal yang dibutuhkan untuk memulainya tergolong kecil, sementara peluang untuk meraih kesuksesan sangat besar. Apalagi, menjalankannya cukup dari rumah tanpa harus repot keluar ke tempat tertentu.


Meskipun peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online sangat besar, bukan berarti ente bisa menjalankannya asal-asalan. Butuh profesionalisme dan kesabaran, karena membangunnya membutuhkan waktu untuk meraih kesuksesan.


Bagi ente yang berkeinginan untuk memulai bisnis online, di bawah ini akan saya sebutkan tips memulai bisnis online yang bisa ente jadikan sebagai panduan agar langkah demi langkah yang ente lakukan lebih terarah.



5 Tips Memulai Bisnis Online yang Perlu Ente Ketahui


Beberapa poin berikut ini bisa saja bakal berguna untuk ente yang sedang atau akan memulai bisnis online, yakni sebagai berikut:

1. Miliki Mindset yang Benar Terlebih Dahulu


Sebelum mulai menjalani bisnis online, pastikan ente memiliki mindset atau pola pikir yang benar terlebih dahulu. Untuk memahami tips memulai bisnis online yang akan saya berikan.


Tentu ente memiliki target atau tujuan tertentu yang ingin diraih dengan bisnis online bukan?


Nah, pastikan fokus ente tetap terarah untuk mendapatkan target yang sudah ente tetapkan. Tapi ingat, jangan pernah berfikir bahwa segalanya mudah dan prosesnya instan. Sama sekali tidak, semua butuh proses dan kesabaran. Ente butuh untuk melakukannya langkah demi langkah hingga mencapai tahap kesuksesan.


Kita lihat saja kondisi sekarang ini, banyak orang yang melihat kesuksesan orang itu hanya enaknya saja “wah enak ya ente dah sukses”, tanpa memikirkan bagaimana proses sebelumnya. Kita tidak boleh ikut-ikutan memiliki pemikiran seperti ini.


Justru yang harus kita pikirkan itu sebaliknya, wah dia sudah sukses, pasti ada perjuangan besar yang dilakukan sebelumnya. Sekarang saya harus berjuang lebih keras lagi untuk dapat seperti dia.

2.Tentukan Jenis Bisnis Online yang Ingin Digeluti


Sebelum memulai bisnis online, sebaiknya Ente menentukan jenis bisnis online yang ingin Ente geluti. Banyak jenis bisnis online yang terbukti menghasilkan.
Sekedar contoh, Ente bisa menekuni jual beli secara online baik berupa barang maupun jasa, menjadi affiliate marketing, menjadi publisher, dan lain sebagainya.

Tujuan yang ingin didapatkan dari menentukan terlebih dahulu jenis bisnis online yang ingin Ente geluti tidak lain agar nantinya Ente bisa fokus ke sana.

3.Persiapkan Modal


Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan modal? Minimal ente membutuhkan modal laptop atau smartphone serta koneksi internet bukan?

Jadi ungkapan yang benar adalah bisnis online membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan dengan modal saat ingin memulai bisnis offline.


Sekedar masukan, selain modal PC/laptop atau smartphone serta koneksi internet setiap bulan, setidaknya ente memiliki modal lebih untuk membeli domain dan hosting. Tujuannya agar ente bisa membuat website sendiri.


Dengan memiliki sebuah website, ente ibaratnya memiliki toko sendiri yang bebas untuk diatur sekehendak ente. Sebab, apapun jenis bisnis yang ente pilih, tentu membutuhkan website untuk memasarkannya.


Tapi memang bener sih, tidak semua orang yang punya bisnis bisa untuk membuat halaman website, tapi tenang saja. Ente bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk membuat website khusus bisnis ente. Banyak banget penyedia jasa pembuatan website yang bisa ente gunakan.

4.Jaga Fokus


Perlu ente ketahui bahwa penyebab kegagalan terbesar yang seringkali dialami oleh para blogger terkait dengan bisnis online yang digelutinya adalah tidak mampu menjaga fokusnya. Dengan menjaga fokus, ente bisa membangun bisnis online yang ente geluti secara bertahap hingga meraih kesuksesan.

Ibarat menaiki anak tangga, ente butuh untuk melangkah sedikit demi sedikit sebelum sampai di anak tangga paling akhir.


Bisnis online ibarat rimba belantara. Banyak informasi yang bisa ente dapatkan dengan bebas terkait bisnis online, yang akhirnya justru menyesatkan dan membuyarkan fokus ente. Sebagai contoh, terkadang seorang blogger sudah menentukan untuk mulai berjualan secara online melalui toko online, social media, atau market place.


Sayangnya, masih dalam proses awal pengembangan, tiba-tiba dia mendapatkan postingan di sebuah website atau social media tentang keberhasilan seseorang meraih puluhan juta, bahkan ratusan juga dengan menjadi publisher Google Adsense, dan dia siap untuk membagikannya secara gratis atau dijual dengan harga murah.


Karena tertarik dengan informasi tersebut, akhirnya dia memutuskan untuk beralih menjadi publisher Andsense dari nol dan meninggalkan berjualan online yang prosesnya sudah mulai berjalan beberapa waktu, bahkan terkadang sudah di pertengahan jalan.


Hal ini tentu saja keliru, karena yang penting adalah fokus dalam mengembangkan bisnis online yang digeluti sampai meraih kesuksesan.

5.Manfaatkan Sosial Media.


Bisnis online akan semakin mudah ente jalankan bila mana ente memanfaatkan sosial media dengan tepat. Ada fitur yang namanya “filter” baik itu filter minat pengguna, gender, dan lokasi.

Dimana sangat pas banget untuk menargetkan pasar bisnis anda.

Anggap saja Facebook, ada fitur marketplace, ente bisa memanfaatkan marketplace facebook untuk menjual produk ente dengan mudah dan gratis. Tinggal atur lokasi iklan, nanti orang-orang yang minat dengan produk itu didaerah tersebut akan berdatangan.

Semudah itu.


Demikianlah informasi seputar tips memulai bisnis online pada artikel kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan gambaran besar tentang bagaimana tips memulai bisnis online khususnya bagi seorang pemula.

Kalau ente butuh informasi mengenai mobil baca juga SEVA Mobil Bekas.

Post a Comment

4 Comments

  1. apapun pekerjaannya atau bisnisnya, ada syarat berhasil yaitu fokus. termasuk bisnis online.

    ReplyDelete
  2. salah satu syaarat memulai sesuatu itu adalah niat dan fokus ya mas

    ReplyDelete
  3. Untuk bisnis online saat ini saya melirik facebook, instagram, tokopedia dan shopee, simple & murah

    ReplyDelete
  4. Impiannya sih tahun 2021 mau bisnis tapi kok memulainya aja bingung mau jenis apa ? gimana yang lainnya ya. ya udah dehh fokus dan konsisten di blog aja dehh

    ReplyDelete